Sabtu, 19 Desember 2009

Profil Kota Tasikmalaya



Kota Tasikmalaya adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota Tasikmalaya secara geografis terletak antara 10753' - 10820' Bujur Timur dan 73' - 749' Lintang Selatan. Wilayah Kota Tasikmalaya sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya. Luas wilayah Kota Tasikmalaya 177,79 km2 dan terbagi menjadi delapan kecamatan.

Penduduk Kota Tasik terkenal pandai membuat barang-barang kerajinan yang unik dan menarik. Yang terkenal bordir, kelom geulis, tikar, anyaman mendong, dan meubel kayu. Pangsa pasarnyapun telah merambah hingga ke luar benua seperti Eropa dan Amerika. Dari kemampuan membordir dihasilkan aneka kebaya, mukena, kerudung, taplak meja, atau seprei. Sentra kerajinan ini terdapat di empat kecamatan yaitu Cibeureum, Cipedes, mangkubumi, dan Kawaluyang. Kelom geulis, sandal khas Tasik beralas kayu damar atau albazzia, termasuk primadona yang cukup diandalkan. Komoditas ini telah ditekuni sejak tahun enam puluhan dan sempat mengalami puncaknya dua puluh tahun kemudian. Sentra kerajiannya terdapat di wilayah Kecamatn Cibeureum, tepatnya di Desa Kersanengara, Mulyasari, Setiamulya, Sukahurip, dan Sumelap.

Maraknya sektor industri sedikit banyak mempengaruhi majunya perdagangan di wilayah ini. Hasil karya seni masyarakat setempat yang unik menjadi salah satu daya tarik orang-orang di luar daerah. Mereka datang untuk berbelanja kebutuhan sendiri atau untuk kulakan.
Di sektor lain, usaha-usaha yang digeluti penduduk kota ini antara lain pertanian di bidang tanaman pangan dan holtikultura, kehutanan, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Hasil bumi yang paling menonjol adalah buah-buahan seperti salak, pisang, jambu biji, dan mangga.
Tasikmalaya juga dikenal sebagai kota santri, khususnya di era sebelum 1980-an karena hampir di seluruh di wilayah ini tersebar pondok pesantren yang mengajarkan agama Islam, baik pondok besar maupun kecil, bahkan melahirkan tokoh perjuangan nasional di antaranya adalah Zainal Mustafa.


Sumber Data:
Jawa Barat Dalam Angka 2007
(01-7-2007)
BPS Provinsi Jawa Barat
Jl. PHH Mustapa No. 43, Bandung 40124
Telp (022) 7272595, 7201696

Fax (022) 7213572

Sumber :

http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=3278



Sumber Gambar:
http://www.tasikmalayakota.go.id/fckeditor/userfiles/Tasikmalaya-Mesjid%20Agung-nanang%20(5).jpg

1 komentar:

  1. yu...kita bangun kota tasikmalya menuju kota yang lebih maju dalm segala bidang

    BalasHapus