Sabtu, 19 Desember 2009

Tasikmalaya Tidak Hanya Kampung Naga

Selama ini tujuan wisata di Tasikmalaya yang paling populer adalah Kampung Naga. Padahal, di Tasikmalaya ada 30 objek wisata. Potensi wisata lain itu belum digarap secara maksimal.

Untuk memperluas tujuan wisata di Tasikmalaya Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya mengembangkan empat potensi wisata, yakni wisata Cipanas Cipacing, Cipanas Cigunung, Imah Sunda (Rumah adat Sunda), dan Wisata jiarah Tubagus Anggariji.

"Empat potensi wisata itu sudah mulai dibangun dan ditargetkan selesai akhir tahun 2008," kata Kepala Seksi Pengembangan Produk Wisata, Edi Chrisyadi, awal pekan ini.

Edi mengatakan, jumlah potensi wisata di Tasikmalaya seluruhnya ada 30 objek wisata. Dari jumlah itu yang sudah dibangun dan dipromosikan ialah Gunung Galunggung, Wisata jiarah Pamijahan kemudian tiga pantai Cipatujah, Sindangkerta, Karang Taulan.

Sisa potensi wisata belum dikelola dan dikembangkan oleh pemerintah setempat karena terbentur masalah biaya.

Ia mengatakan, dana bantuan yang sudah diberikan pemerintah digunakan untuk membangun empat potensi wisata dan penataan enam fasilitas objek wisata yang sudah berjalan.

Sementara itu, pembangunan Imah Sunda di Kecamatan Bantar Kalong, menurut Edi, akan menjadi daya tarik baru bagi para wisatawan yang akan datang ke pantai Cipatujah, karena Imah Sunda itu dikhususkan sebagai setra Seni Budaya Sunda dan tempat istirahat bagi para pengunjung pantai Cipatujah.

MBK

Sumber : Antara dalam :

http://www.kompas.com/read/xml/2008/10/23/0704457/tasikmalaya.tidak.hanya.kampung.naga.

23 Oktober 2008

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar